welcome

- See more at: http://freewidget4u.blogspot.com/2011/06/hello-kitty-widget.html#sthash.XFiMEYTQ.dpuf

Kamis, 31 Oktober 2013



Senin, 28/10/2013. SMA N 1 Belitang menggelar acara Bulan Bahasa yang diselenggarakan dalam rangka mengingat hari Sumpah Pemuda, acara ini berangsur terlaksana setiap tahun. Bulan Bahasa kali ini mengadakan kompetisi antar kelas, dari kelas 10, 11, dan kelas 12. Dalam kompetisi tersebut terdapat enam macam mata lomba, yaitu: cipta puisi, baca puisi, pembawa acara, pidato menirukan tokoh, tutur cerita rakyat, lawak. Terdapat aturan main dalam kompetisi ini, setiap kelas diwajibkan berpartisipasi untuk memeriahkan berjalannya acara ini, setiap kelas diberi durasi maksimal 20 menit untuk menampilkan seluruh rangkaian acara tersebut.
 Dalam satu hari ini, tidak hanya menampilkan kompetisi saja, bahkan diselingi dengan seni jaranan buto dan campur sari “SIWI BUDOYO” yang dipersembahkan para siswa SMA N 1 Belitang.
 Gemulainya gerak-gerik mereka dalam menerapkan seni jaranan ini, menunjukan sikap semangat para pemuda, yang tak hanya mengapresiasikan saja, tetapi mereka turut ingin mempelajari dan terjun langsung dalam mempraktikan sekaligus melestarikan, tak hanya jaranan buto saja, masih banyak lagi yang mereka tampilkan, beberapa tarian, kucingan, gebyar barong, banteng, dan macan-macanan. Dalam acara ini Bapak Kepala Sekolah Karjiono,S.Pd.MM antusias sekali mengikuti dengan khitmat berjalannya acara Bulan Bahasa, sekaligus menjadi pelindung penangung jawab Seni Jaranan Buto dan campursari “SIWI BUDOYO” yang di ketuai oleh siswa kelas 10 Haris Nurrohman. Tidak diragukan lagi, acara Bulan bahasa ini dapat mengsukseskan para siswa dalam mengepakkan sayapnya dalam berkarya.
 Percaya diri dari mereka, suatu hal yang sangat mendorong kemauan mereka dalam mengukir sejarah dengan menorehkan kebanggaan di SMA N 1 Belitang. kreatifitas sangat di butuhkan sekali di ajang kompetisi Bulan Bahasa ini, dikarenakan persaingan sangat ketat, setiap kelas dituntut untuk mempersembahkan sedemikian rupa, agar penampilan mereka dapat menjuarai beberapa mata lomba yang di kompetisiskan. Keikutsertaan mereka adalah suatu bukti bahwa pedulinya mereka dengan kesenian dalam berkarya sebagai calon generasi pemuda yang berbakat bagi bangsa indonesia, bergulirnya acara demi acara memperlihatkan ketatnya persaingan dari antar kelas tersebut, persaingan secara sehat ini, semakin memacu dan terus memacu semangat dam berkarya tentang apapun, terutama dibidang sastra dan berbudaya. Melihat dari mimik para dewan guru yang tergabung untuk menjuri pesertapun, terlihat gembira, kagum, serta meresapi beberapa puisi yang yang telah di bacakan pada setiap perwakilan dari masing-masing kelas.
Acara ini serentak menghidupkan suasana sumpah pemuda, betapa indahnya jika saja dari dulu semua anak bangsa berfikir positif tentang menghiasi hidupnya dengan berkarya dan terus berkarya, tetapi di luar sana masih banyak sekali para pelajar melakukan tawuran, adanya seks bebas, dan narkotika masih tersebar luas di mana-mana. Tetapi dengan berdirinya acara bulan bahasa, siswa dan siswi SMA N 1 Belitang dapat menetralisir sikap-sikap negatif yang tidak perlu dan tidak penting untuk di terapkan para pelajar. Terciptanya sikap nasionalismu juga mendorong kemauan dalam bernegara dan turut prihatin dengan keadaan bangsa yang saat ini sangat miris saat pasa koruptor merampas kesejah teraan dan semangat rakyat. Para siswa dan siswi SMA N 1 Belitang memang patut diacungi dua jempol. 

 Pembawa Acara

 
 
 
 

Tutur Cerita Rakyat




Lawak

23 komentar:

  1. thanks info nya.,,,
    comback y? http://berthatiarahandayani.blogspot.com

    BalasHapus
  2. makasih infonyaa.. ini menunjukkan bahwa anak" indonesia memiliki kreatifitas yang sangat luar biasa..

    BalasHapus
  3. Bagus postingannya tingkatkan lg yea postingannya

    BalasHapus
  4. bagus coment balik revaenalia.blogspot.com

    BalasHapus
  5. siip, komen balik
    wahyuds34.blogspot.com

    BalasHapus
  6. bagus postingnya :)
    comen balik ya ekadharmaxia1.blogspot.com

    BalasHapus
  7. goood post,,,comback yaaa...
    dewitriagustina.blogspot.com

    BalasHapus